Rabu, 23 Desember 2015

TUGAS III: PETA PROSES KERJA SEKSI CASTING WHEEL PT. ASTRA HONDA MOTOR



Peta Proses Kerja di Casting Wheel adalah sebagai berikut:





Adapun untuk asumsi waktunya:




Urutan kerjanya adalah sebagai berikut:

1. Melting (Peleburan)


   Proses MELTING adalah proses peleburan bahan baku yang berupa material alumunium padat yang kemudian dilebur menjadi aluminium cair yang biasa di sebut cairan molten. Pada proses ini material bahan baku di lebur dengan suhu tinggi yaitu sekitar 500-750 ÂșC. Kemudian cairan molten tersebut akan dibentuk menjadi velg.
2. GDC Tilting
   Proses selanjutnya adalah proses GDC tilting yaitu proses pembentukan part dari alumunium cair menjadi part setengah jadi dengan menggunakan mesin GDC TILTING.
3. Finishing
   Proses FINISHING meliputi proses CUTTING yaitu pemotongan gep-gep velg hasil dari proses GDC TILTING.          Proses TRIMING dan BUFFING yaitu proses perataan part dari scrap-scrap sisa CUTTING.
4. Treatment
   Proses TREATMENT adalah proses pengerasan part. Part akan dimasukan ke dalam mesin oven yang sangat besar selama 8 jam. Dan setelah part keluar dari TREATMENT, proses selanjutnya yaitu pengecekan seberapa besar kebengkokan dari part yang disebut proses FLATNESS. Sebelum akhirnya part dimasukan kembali ke dalam mesin TREATMENT.
5. Blasting
  Proses BLASTING adalah proses pengecekan part dengan menggunakan mesin BLASTING yang bahan bakunya adalah bubuk khusus untuk membersihkan part dari kusamnya warna part hasil dari proses TREATMENT.
   Ini adalah proses terakhir sebelum part akan dikirim ke Next Proses yaitu Proses MACHINING.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar